Cara Kerja Form - Catatan Faiq Hisyam Marwan

Contact Form

 

Cara Kerja Form

Cara Kerja Form
Form HTML digunakan untuk melewatkan data dari klien ke server. Kerja Web bekerja didasarkan pada arsitektur client / server yang sangat dasar yang dapat diringkas sebagai berikut : klien (web browser ) mengirim permintaan ke server (misalnya apache , nginx , IIS , Tomcat , dan lain sebagainya ) , menggunakan protokol HTTP . Server menjawab requets dari form dengan  menggunakan protokol yang sama .

A.    Sisi Klien
Server akan memproses data dan kemudian mengirim respon kepada pengguna. Disisi klien memastikan data mana yang dkirim melalui  elemen form. Di sisi klien , HTML untuk mengkonfigurasi permintaan HTTP untuk mengirim data ke server . Hal ini memungkinkan pengguna untuk memberikan informasi yang akan disampaikan dalam permintaan HTTP .
Atribut yang sangat peran saat pengiriman data adalah action dan method. Atribut – atribut dari elemen HTML <form> adalah sebagai berikut  :
Atribut
Keterangan
Method
Metode untuk pengiriman data ke tujuan yaitu :
a.            Get : mengirim data ke server dengan cara meletakan data pada bagian akhir dari Url yang dituju
b.            Post : datanya dikirim terpisah
Action
Aksi yang muncul ketika pengguna meneka tombol tertentu

Atribut Action
Atribut ini mendefinisikan mana data akan dikirim . Nilainya harus merupakan URL yang valid . Jika atribut ini tidak menyediakan , data akan dikirim ke URL halaman ini berisi formulir. Contoh penggunaan atribut action
1.data dikirim ke http://foo.com
<form action="http://foo.com">
2.Data dikirim ke server yang sama bahwa itu host halaman form , tapi ke URL yang berbeda pada server :
<form action="/somewhere_else">
3.Tanpa atribut , seperti di bawah , atribut <form> menyebabkan data yang akan dikirim ke halaman yang meliputi bentuk:
<form>
4. Notasi berikut untuk menunjukkan bahwa data harus dikirim ke halaman yang sama yang berisi formulir , ini diperlukan karena sampai HTML5 , atribut tindakan yang diperlukan .
<form action="#">

Atribut Method
Atribut metode untuk pengiriman data menggunakan post dan get.  Atribut ini mendefinisikan bagaimana data dikirim . Protokol HTTP menyediakan beberapa cara untuk melakukan permintaan , data bentuk HTML dapat dikirim melalui setidaknya dua dari mereka : metode GET dan metode POST . Permintaan HTTP terdiri dari dua bagian : sebuah header yang berisi sekumpulan metadata global mengenai kemampuan browser , dan body yang dapat berisi informasi yang diperlukan ke server untuk memproses permintaan khusus .
Methode GET
Metode GET adalah metode yang digunakan oleh browser untuk meminta server untuk mengirim kembali resource yang dib erikan : " hey , server, kirimkan resource ini . " Dalam hal ini , browser mengirimkan sebuah body kosong . Karena body kosong , jika formulir dikirim menggunakan metode ini , data yang dikirim ke server ditambahkan ke URL .
Contoh penerapan mehode get pada elemen <form>
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>cek form </title>
</head>
<body>
<form action="http://foo.com" method="get">
  <input name="say" value="Hallo">
  <input name="to" value="Semua">
  <button>kirimkan salam</button>
</form
</body>
</html>

Dengan menggunakan method get, request HTTP aka terlihat sebagai berikut:

GET /?say=Hi&to=Mom HTTP/1.1
Host: foo.com

Total comment

Author

Faiq Hisyam Marwan

0   comments

Cancel Reply