Menambahkan Link Email - Catatan Faiq Hisyam Marwan

Contact Form

 

Menambahkan Link Email

Link Email
Selain menghubungkan antara halaman dan antara bagian-bagian dari satu halaman,  tag <a> memungkinkan kita untuk link ke alamat email. Ini adalah cara paling sederhana untuk memungkinkan pengunjung halaman web kita untuk "mengirim pesan" kepada kita. Dengan memberikan link yang dapat diklik ke alamat email kita, maka mudah bagi pengunjung  untuk mengirim pesan dan pengunjung tidak perlu mengetikkan alamat email.
Cara penulisan link HTML ke alamat email adalah seperti berikut :
<a href="mailto:nama@yourdomain.com"> Kirim pesan email</a>
Kata-kata “Kirim pesan email” akan muncul seperti link <a> lainnya .
Jika kita ingin orang melihat alamat email kita yang sebenarnya ( sehingga mereka dapat mencata atau mengirim pesan menggunakan program email yang berbeda ), adalah seperti ini :
<a href="mailto:nama@yourdomain.com">nama@yourdomain.com</a>
Dalam kebanyakan web browser, bila seseorang mengklik link tersebut , maka terbuka sebuah jendela di mana dia dapat mengetik pesan email yang segera dikirimkan kepada kita
Kita juga dapat memberikan beberapa informasi tambahan di link sehingga subjek dan isi pesan juga langsung tertulis. Yaitu dengan menambahkan variabel subject (perihal) dan body (isi pesan). Pisahkan variabel dari alamat email dengan tanda tanya ( ? ) , Nilai dari variabel dengan tanda sama dengan ( = ) , dan kemudian memisahkan masing-masing variabel dan nilai pasangan dengan ampersand ( & ). Berikut adalah contoh menentukan subjek dan body untuk contoh email sebelumnya :
<a href = "mailto:author@somedomain.com?subject=Pertanyaan & body=Kapan edisi berikutnya keluar ?"> Author@somedomain.com </a>

Ketika pengguna mengklik link ini , pesan email dibuat dengan author@somedomain.com sebagai penerima, “Pertanyaan” sebagai subject/perihal , dan Kapan edisi berikutnya keluar ? sebagai isi pesan .

Total comment

Author

Faiq Hisyam Marwan

0   comments

Cancel Reply